Peluang Sukses Budidaya Tanaman Naga

Buah naga merupakan salah satu buah unik yang banyak digemari oleh masyarakat. Budidaya buah naga kini menjadi salah satu peluang usaha yang banyak dilirik oleh para petani buah. Pasalnya, buah ini dapat mendatangkan banyak keuntungan. Modal yang dibutuhkan untuk usaha buah naga tidak terlalu besar. Di samping itu, buah naga juga tergolong buah yang agak mudah untuk ditanam, apalagi kondisi alam Indonesia yang sangat mendukung untuk bercocok tanam. Oleh karena itu, peluang usaha di bidang agribisnis ini akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai peluang usaha budidaya buah naga.

Syarat Menanam Buah Naga

Buah naga tidak dapat ditanam di sembarang tempat. Selain itu, buah ini juga memerlukan perawatan yang sedikit berbeda dengan tanaman lain. Nah, sebelum kita membuka peluang usaha budidaya buah naga, alangkah baiknya jika kita mengetahui syarat pertumbuhan buah naga terlebih dahulu. Berikut ini merupakan syarat tumbuh buah naga:

– Spesies Hyloceres undatus merupakan salah satu jenis buah naga yang memiliki daging buah berwarna putih. Buah naga jenis ini akan tumbuh dengan baik pada dataran yang memiliki ketinggian kurang dari 300 mdpl.

Hyloceres costaricensis merupakan buah naga yang memiliki daging buah super merah. Buah naga jenis ini tumbuh baik pada ketinggian 0 hingga 100 mdpl.

Selenicereus megalanthus merupakan jenis buah naga yang memiliki ciri berupa daging buah berwarna putih dan kulit berwarna kuning. Berbeda dengan jenis yang lainnya, buah naga Selenicereus megalanthus dapat tumbuh baik pada daerah dingin dengan ketinggian di atas 800 mdpl.

– pH tanah berada pada rentang pH netral.

– Hindari adanya genangan air pada area tanaman buah naga karena genangan air dapat menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

– Kondisi tanah kaya akan unsur hara sehingga dapat mencukupi nutrisi tanaman naga.

– Persediaan air harus dijaga agar tanaman naga tidak mengalami kekeringan berkepanjangan.

Nah, setelah kita mengetahui beberapa persyaratan untuk menanam buah naga, tentu kita perlu persiapan untuk menanam buah naga. Persiapan budidaya naga sebenarnya hampir sama dengan persiapan budidaya tanaman lainnya. Hal pertama yang harus Anda siapkan yaitu lokasi budidaya yang cocok dengan spesies naga yang akan Anda tanam. Tanah yang digunakan untuk budidaya harus memiliki unsur hara yang baik serta pH yang netral. Setelah itu, Anda perlu melakukan pengolahan lahan seperti pembersihan lahan dan pemupukan. Jangan lupa Anda siapkan bibit buah naga yang akan ditanam. Setelah semuanya selesai, barulah Anda dapat melakukan penanaman buah naga.

Dari beberapa ulasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa budidaya buah naga tak begitu sulit. Jika dilihat dari segi lahan, di Indonesia sangat mudah untuk menemukan lahan yang sesuai untuk budidaya buah naga. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis di bidang agribisnis, tak ada salahnya jika Anda mencoba memulai untuk budidaya buah naga.