Tips Nasi Tumpeng Yang Bagus Dan Kokoh

Kreasi nasi tumpeng terdiri dari beberapa tahapan pembuatan nasi tumpeng. Dari mulai pembuatan hiasan, proses memasak nasi tumpeng dan lauk pauknya hingga mencetak dan menghias nasi tumpeng agar memiliki tampilan yang sesuai dengan harapan atau pesanan. Nah kali ini dalam artikel berikut Kami mencoba mengumpulkan informasi yang sehubungan dengan pembuatan nasi tumpeng yang bagus dan kokoh. Karena menurut beberapa pengalaman banyak yang membuat nasi tumpeng namun terkendala tekstur nasi yang tidak pulen dan terlalu lembek sehingga saat di cetak tampilannya tidak terlalu bagus dan juga mudah hancur. Padahal kriteria nasi tumpeng yang bagus adalah di mana tekstur nasi yang di buat pulen dan juga kokoh karena tak mudah hancur.

Beberapa Macam Tips Nasi Tumpeng Yang Bagus Dan Kokoh

Berikut akan Kami ulas tentang bagaimana cara membuat kreasi nasi tumpeng yang bagus dan kokoh. Cara yang pertama adalah dengan memilih jenis beras yang akan di gunakan. Cara yang paling banyak para pembuat nasi tumpeng adalah dengan mencampurnya dengan beras ketan dengan menggunakan perbandingan 10:1. Dengan begitu maka akan di dapat nasi tumpeng yang pulen dan juga memiliki daya rekat yang baik. Setelah itu baru mulai proses memasak.

Cara memasaknya seperti Anda memasak nasi biasa. Bedanya adalah nasi di masak dengan cara di ungkep atau di aron dengan menggunakan beberapa tambahan bumbu yaitu kunyit. Agar supaya warna kuningnya menarik Anda bisa membakar kunyit terlebih dahulu baru kemudian memarutnya untuk kemudian mengambil sarinya demi mendapatkan warna kuning alami.

Kemudian beri perasan jeruk nipis dengan tujuan agar supaya tampilan nasi memiliki kesan mengkilat dan segar. Setelah proses memasak nasi selesai. Tunggu hingga agak dingin baru Anda mencetaknya sesuai dengan keinginan. Pastikan untuk memberi alas berupa daun pisang pada bagian dalam cetakan nasi tumpeng agar supaya pada saat nasi di keluarkan dari cetakan bisa keluar dengan mudah tanpa merusak bentuk nasi tumpeng. Masukkan nasi ke dalam cetakan dengan cara di tekan-tekan agar supaya nasi bisa menggumpal dengan padat sehingga nanti bentuknya bagus dan kokoh. Demikian beberapa macam tips yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan kreasi nasi tumpeng.